Powered By Blogger

Sabtu, 28 Juni 2014

Cara Menginstall Mod GTA San Andreas dan GTA IV






Tampilan GTA SA terlalu jelek? Atau bosan dengan gameplay yang biasa? Mungkin kamu menginginkan sebuah modifikasi untuk gta. Simak artikel berikut ini.


Play Different ~gamemodding






GTA San Andreas



Download dulu




  1. IMG Manager by XMEN (direkomendasikan gunakan imgtool ini, jangan gunakan yang lain apalagi spark)

  2. GTA SA versi 1 bila gta kamu versi 1 keatas cari gta sa downgrader 1.0

  3. GtaGarageModManager buat mengecek mod skin vehicle

  4. PedManager buat mengedit statistik pedestrians (penduduk) dan mengecek skin

  5. CLEO dan Asi Loader (biasanya satu paket)

  6. Kemampuan Bahasa inggris :v




Kenali mod yang anda inginkan



Mod apakah yang kamu inginkan? Ada mod kendaraan baru, sistem gameplay baru, menjadi superhero, unsur anime dan lain-lain tentu saja itu berbeda. Kenali jenis-jenis mod.


Sebaiknya menggunakan mod dan cheat setelah tamat bermain game. Jangan pernah mengesave setelah menggunakan mod dan cheat





Jenis-jenis mod 



Mod Texture / Skin








Cara kerja mod ini mengganti atau replace texture / bentuk / warna / kulit / penampilan dari senjata, kendaraan , si CJ , penduduk dan lain-lain. Format file yang ditemui biasanya .dff (bentuk) dan .txd (kulit). Biasanya dimasukkan ke models > gta3.img . Untuk membukanya menggunakan IMGManager by XMEN lalu pilih replace / add sesudah itu rebuild archive. Memang lama tapi saya rekomendasikan install mod secara sekalian. 





Untuk mengganti skin CJ maka diperlukan skin selector. Saya rekomendasikan menggunakan skin selector di Ryonusuke di hotmist.ddo.jp. Skin selector ini berupa .cs (baca dibawah).


Selalu baca readme. Untuk itu diperlukan kemampuan bahasa inggris, hehe.


 Mod Script (CLEO Script)





Kalo kamu tau perbedaan HTML dengan Javascript pasti tau apa kegunaan dari script. Kegunaan nya adalah menambahkan suatu fungsi khusus. Untuk membuatnya digunakan Sannybuilder dan butuh skill programming. Format nya biasanya .cs (utama) bisa juga .s .a dll. Untuk menginstallnya diperlukan CLEO plugin. lalu masukan ke folder CLEO di direktori gamenya.


Mod Script (ASI)



Bukan air susu ibu -_-. ASI ini adalah pengkodean C# bisa juga hasil rename format dari DLL. Fungsinya sama seperti cleo, tetapi menggunakan asi loader (biasanya sepaket dengan cleo, filenya  berupa vorbis). Untuk menginstallnya cukup letakkan di direktori San Andreas.


Mod Lain-lain 



Biasanya mod ini mengganti file-filenya GTA seperti default animation, default timecycle dan lain-lain. Cukup baca petunjuknya.


Mod ENB








Apa itu enb? Enb digunakan untuk memperbagus grafik san andreas. Download di enbdev. Lalu copy ke direktori san andreas. Disitu biasa nya terdapat enbseries.ini. File ini adalah settingannya ENB . Banyak orang mengeditnya maka hasilnya berbeda. Enbseries konfigurasi dari orang dapat dicari di google. Enbseries for low pc, dan lain-lain.


GTA IV



Mod Script



Untuk gta iv hampir sama tetapi yang diperlukan adalah patch 1.0.4.0 (rekomendasi saya) atau 1.0.7.0 lalu install. Cari di google xliveless <versi gta(patch)> lalu cari  scripthook <versi gta(patch)> . Copypasta ke direktori san andreas. Bikin folder scripts. Masukan script ke sana . Biasanya mod berupa .NET , maka butuh .NET Framework kalau belum ada di kompi. 


Mod Skin



Sama seperti san andreas tetapi diperlukan OpenIV sesuai dengan versi kamu. Bentuk file .wtd dan lain-lain.





Situs mod favorit saya



GTA Garage, Gamemodding, GTA Inside, GTA Iv mods, Naufal Irfan (Gtaind.com)





Untuk masalah crash akan saya posting lain waktu. Atau silahkan nanya di komentar, pasti saya jawab (kalau bisa, hehehe)






4 komentar: